DITJEN PDT GELONTORKAN 15,5 MILIAR KE PANDEGLANG

  Senin, 18 April 2016

Jakarta - Pada tahun anggaran 2015, dalam rangka mempercepat pelepasan Kabupaten Pandeglang sebagai Daerah Tertinggal dan sekaligus untuk mendukung program pemerintah pusat, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Pandeglang, maka Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan bantuan stimulan kepada Kabupaten Pandeglang khususnya untuk Pengembangan Ekonomi Lokal. 
 
"Bantuan stimulan ke Kabupaten Pandeglang tersebut diberikan dalam berbagai kegiatan yang berupa, bantuan budidaya Ikan Kerapu, alat-alat penunjang pelayanan kesehatan, sarana air bersih dan peternakan Sapi Modern. Tak hanya sampai disitu, Ditjen PDT juga memberikan bantuan dibidang Sumber Daya Alam yang berupa listrik dengan energi non terbarukan," ujar Direktur Jenderal PDT Singgih Wiranto saat menyampaikan laporan pada acara Panen Raya Ikan Kerapu di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/4) siang .
 
Ditambahkannya, di tahun anggaran 2016, Ditjen PDT akan memberikan bantuan ke Kabupaten Pandeglang dengan nilai kurang lebih 15,5 miliar yang antara lain dipergunakan untuk pembangunan ruang kelas baru, bantuan peralatan komputer untuk pusat belajar masyarakat, pembangunan pusat belajar masyarakat, penyediaan kualitas pemberdayaan masyarakat berupa buku bacaan, pengadaan air bersih untuk komunitas, pelaksanaan pelatihan pengelolaan hasil laut, pembangunan saung terampil masyarakat, workshop wira usaha muda bekerjasama dengan BLK/BLM, bantuan peralatan pendukung kapasitas wira usaha muda senilai dan bantuan pengolahan komoditas unggulan berupa inovasi-inovasi dibidang pertanian. 
 
"Untuk pembangunan dibidang sarana dan prasarana, Ditjen PDT memberikan bantuan berupa pembangunan jembatan penyeberangan orang senilai 1 miliar, pembangunan sarana air bersih 3,5 miliar, pembangunan jaringan irigasi senilai 1 miliar dan pengembangan ekonomi lokal dengan bantuan berupa bibit dan pakan Ikan Kerapu senilai 4,6 miliar," tambahnya.
Tahun ini, Ditjen PDT juga melaksanakan kerjasama dengan PT Pegadaian yang akan memberikan bantuan pembangunan jalan dan sarana kesehatan berupa pembangunan jamban di Daerah Tertinggal.
 
Acara Panen Raya Ikan Kerapu ini dihadiri oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Dirjen PKP, Dirjen PPMD, Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh jajaran Muspida Kabupaten Pandeglang, Kepala Desa se-Kabupaten Pandeglang dan masyarakat di Kecamatan Panimbang. (adm)