RIRI SANDJOJO DAMPINGI IRIANA JOKOWI SOSIALISASI STUNTING DI CIREBON

  Jumat, 04 Oktober 2019

Cirebon - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla bersama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) yang beranggotakan para pendamping Menteri Kabinet Kerja menghadiri Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting di Desa yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan The Radiant Kabupaten Cirebon pada Kamis (3/10).

Salah satu pengurus OASE KK, Sri Mega Darmi Sandjojo yang turut mendampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka mensosialisasikan upaya pencegahan stunting atau kondisi gagal tumbuh anak karena kurang gizi yang berakibat anak kurang cerdas dan mudah sakit didesa yang ada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Tantangan desa saat ini adalah permasalahan stunting di Indonesia terutama anak-anak pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Oleh karena itu, Kami berharap, masyarakat tidak hanya mendapat pengetahuan tentang pencegahan stunting. Tapi, juga dapat diterapkan dan disosialisasikan kembali kepada masyarakat," kata Riri sapaan Sri Mega Darmi Sandjojo yang merupakan Istri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Menurutnya, Terdapat sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi stunting dipedesaan diantaranya yakni minimnya pengetahuan masyarakat, infrastruktur yang belum tersedia dan masalah kemiskinan.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting. Seperti dengan sanitasi atau melakukan budaya hidup bersih dan mengatur pola makan yang baik. Kita juga akan dorong agar dana desa bisa turut membantu dalam menangani permasalahan stunting," katanya.

Perlu diketahui bahwa Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla bersama anggota OASE KK, selain menghadiri sosialisasi stunting, juga melakukan kunjungan ke PAUD Tunas Bangsa, di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon. Dilokasi ini, rombongan Ibu Negara mensosialisasikan kesehatan dan memberikan bantuan pendidikan. Selain itu, menyaksikan anak-anak PAUD senam bersama dan meninjau pembuatan biopori serta membantu memindahkam bibit tanaman.

Selain itu juga, rombongan Ibu Negara Iriana Jokowi melakukan kunjungan ke PT Embee Plumbon Textile dalam rangka sosialisasi tentang pencegahan dini kanker serviks dan pemeriksaan Inspeksi Asam Asetat (IVA) kepada ribuan pekerja perempuan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.