Tangkal Arus Urbanisasi, Jepang Pelajari Program Transmigrasi di Indonesia


  Selasa, 15 Maret 2016

Kondisi Jepang tak jauh berbeda dengan Indonesia, dimana masyarakat yang berada di kota kecil lebih memilih untuk berpindah ke kota-kota besar. Saat ini Jepang sedang giat giatnya meningkatkan aliran orang dari kota besar ke  kota kecil dan membuka peluang pekerjaan di kota kecil.
 
Wakil Menteri Internasional Affairs Jepang, Mr. Hiromichi Matsushima menyampaikan bahwa kondisi jepang saat ini sedang mengalami penurunan jumlah penduduk khususnya angkatan kerja, sehingga dalampenyedian social service dan manufaktur tidak optimal. "Saat ini Sama seperti program transmigrasi yang ada di Indonesia," ujar Hiromichi Matsushima di Malaysia.
 
Menanggapi hal tersebut, Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi yang mendampingi Menteri Marwan Jafar saat menghadiri acara FAO Conference wilayah Asia Pacific ke 33, di Putrajaya, Malaysia mencoba melakukan penjajakan kerjasama dengan Vice Minister for International Affairs Japan Mr. Hiromichi Matsushima dalam menangkal arus urbanisasi.
 
"Untuk itu Jepang mengembangkan  “Sixth industrialization” agar pembangunan di kota kecil dapat dipercepat melalui new inisiative. Istilah ini mengacu pada integrasi vertikal industri primer, sekunder, dan tersier," ujar Anwar.
 
Anwar menambahkan, Indonesia-Jepang sepakat membangun kerjasama terkait ketahanan pangan khususnya di pedesaan. 
 
"Tujuan kerjasama ini adalaha agar terjadi peningkatan pendapatan petani di pedesaan, sehingga masyarakat desa tidak banyak yang melakukan perpindahan ke kota," tandasnya.?
 
Sebelumnya, Indonesia dan Jepang juga telah melakukan pengembangan pedesaan belajar dari program One Village One Product (OVOP) yang telah berhasil dilaksanakan di Jepang. Kementerian Desa pada tahun lalu sudah melakukan kunjungan ke Ministry of  Internal Affairs and Communications  Jepang dan JICA. Dalam pertemuan tersebut telah didiskusikan rencana mutual cooperation antara kedua isntitusi.