Rabu, 08 Nopember 2017

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menerima kunjungan Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Supredjo Mokoaguw di kantor Kemendes PDTT pada Kamis (2/11).
 
Dalam kunjungannya, Kedua Bupati ini meminta arahan kepada Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo terkait permasalahan pembangunan di desa - desa yang terdapat di dua kabupaten tersebut. Salah satunya terkait program produk unggulan desa yang diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat.
 
"Mumpung ini musim hujan. Segera tentukan komoditi unggulannya apa yang mau ditanam. Buat skala ekonomi yang besar agar sarana pasca panennya bisa masuk ke desa," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa Kemendes PDTT telah dibantu oleh 19 kementerian atau lembaga dan sejumlah perbankan dari BUMN dan swasta dan sejumlah dunia usaha untuk mendukung program Prukades.
 
"Jadi, kalau sudah ditentukan mau komoditinya apa. Nanti kami kumpulkan pihak-pihak terkait yang membantu kami untuk duduk bersama. Tapi, saya juga  meminta kepada bupati untuk diberikan kemudahan kepada investor mungkin terkait masalah perijinan atau masalah lahan serta masalah lainnya yang mungkin bisa menjadi penghambat investor untuk masuk ke desa," tambahnya.
 
Apalagi, Kabupaten Kukar yang berencana akan membangun kawasan perdesaan agrowisata bahari yang melibatkan 5 desa dengan mengembangkan produk unggulan jagung dan Kabupaten Bolmong yang telah menyiapkan lahan seluas 70 ribu hektar untuk mengembangkan jagung.
 
"Kita pasti dukung dan kita tindaklanjuti. Kita adakan pertemuan berikutnya bersama kementerian terkait, perbankan dan dunia usaha. Setelah itu, langsung class action. Mumpung ini musim hujan. Jadi, segera melakukan penanaman agar hasilnya bisa terlihat di tahun depan," katanya.