Desa Tertinggal di Sultra Terima Bantuan Rp42 Miliar

  Jumat, 30 Maret 2007

Kendari, Rabu--Pemerintah Pusat mengalokasikan dana pembangunan sebesar Rp42 miliar lebih untuk desa tertinggal di delapan kabupaten yang berada di Sulawesi Tenggara.

Dana tersebut digunakan oleh tiap-tiap desa tertinggal yang berada di kabupaten-kabupaten untuk kemajuan desa dan sistem pemerintahan sehingga menjadi desa yang mandiri seperti desa-desa lainnya, kata Kabid UER BPM Sultra, Ir Trias Rohkadar, di Kendari, Rabu.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) yang berada di Provinsi yang nantinya bantuan tersebut akan disaluran ke tiap kabupaten yang memiliki desa tertinggal, ujarnya.

Tujuan bantuan tersebut adalah  untuk mewujudkan pembangunan nasional melalui pemberdayaan masyarakat, bantuan akan diberikan langsung ke unit pelaksana di tiap-tiap kecamatan, katanya.

Jumlah bantuan yang diberikan berdasarkan kebutuhan suatu desa, misalnya pembangunan sarana pendidikan, sarana kesehatan, pertanian dan sarana jalan dalam desa tersebut, ujarnya.

Dalam pelaksaannya, bantuan tersebut dipantau oleh BPM dan LSM maupun Ormas (organisasi masyarakat) terhadap desa yang mendapat bantuan tersebut, ujarnya.

Bantuan tersebut berbentuk hibah namun tetap akan mendapatkan pengawasan dalam pelaksanaannya.

Ia berharap dengan bantuan tersebut untuk tahun mendatang sudah tidak lagi ada desa tertinggal karena jumlah bantuan yang dialokasikan untuk tahun 2007 cukup banyak untuk wilayah Sultra, yang diharapkan benar-benar dapat dipergunakan sebaik mungkin oleh desa tertinggal.(jodhi)