Kamis, 06 April 2017

Temanggung - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2017 akan menyalurkan bantuan sebanyak 1.000 sapi ternak yang tersebar di sejumlah kabupaten, salahsatunya di Kabupaten Temanggung.

Di kabupaten ini, Kemendes PDTT melalui Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan (PKP) telah menyerahkan bantuan sebanyak 180 ekor sapi yang tersebar di lima desa di Kecamatan Pringsurat yakni di Desa Pagergunung, Desa Pingit, Desa Kepu, Desa Nglorog dan Desa Soborejo.

"Bukan hanya bantuan sapi saja, kami juga menyerahkan bantuan lainnya seperti sejumlah unit kandang, bibit rumput gajah, pakan konsentrat serta obat-obatan untuk kebutuhan selama empat bulan. Bantuan ini merupakan program dan kegiatan dalam pengembangan peternakan sapi terpadu. Kami berharap, desa yang menerima bantuan ini menjadi pusat industri peternakan sapi potong," ujar Dirjen PKP, Johozua M. Yoltuwu saat melakukan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan sapi bersama Sekretaris Inspektorat Jenderal, Uled Nefo ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa (4/4).

Johozua menyebutkan bahwa sapi yang diserahan tersebut akan dikelola langsung oeh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Mitra Sejahtera yang memiliki 18 kelompok ternak dengan jumlah peternak sebanyak 127 orang. Diharapkan sapi ternak yang di kelola oleh BUMDes Bersama ini dapat menghasilkan bibit-bibit sapi dalam waktu 4-5 bulan agar hasilnya dapat menambah pendapatan BUMDes dan meningkatkan perekonomian desa.

"Kita berharap bantuan sapi yang dikelola oleh BUMDes ini dapat meningkatkan perekonomian desa karena selain dari hasil penjualan sapi juga nantinya akan dikembangkan dengan pengolahan biogas dan pemanfaatan bio urine sapi yang tentunya menjadi peluang bagi BUMDes maupun para peternak sapi potong," lanjutnya.

Untuk keberlangsungan dan keberlanjutan atas program pengembangan peternakan sapi terpadu, Johuzua meminta kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung agar secara intensif melakukan pembinaan, pemantauan dan evaluasi terhadap BUMDes Bersama agar bisa menjadi badan usaha masyarakat yang maju dan berkembang serta dapat menguntungkan masyarakat.