Infrastruktur Cukup Memadai, Desa Diminta Fokus ke Pertumbuhan Ekonomi

  Jumat, 09 Februari 2018

PADANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengakui bahwa sejumlah infrastruktur di desa-desa masih minim. Sehingga perlu ditingkatkan kembali penggunaan dana desa untuk pembangunan dalam bidang infrastruktur.

"Tahun ini, dana desa masih difokuskan penggunaannya untuk bidang infrastruktur karena masih banyak desa yang infrastrukturnya masih kurang," kata Eko Putro Sandjojo saat ngobrol bareng bersama sejumlah wartawan di hotel Mercure Padang, Sumatera Barat pada Kamis (8/2) malam.

Dengan lebih difokuskan pada infrastruktur, Mendes PDTT meminta agar dalam pelaksanaannya dilakukan swakelola atau padat karya dan juga diberikan upah kepada para pekerja yang berasal dari masyarakat desa tersebut.

"Wajib dilaksanakan swakelola tanpa menggunakan kontraktor dan wajib diberikan upah 30 persen dari proyek dana desa tersebut. Sehingga, masyarakat juga memiliki pendapatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa karena bahan baku yang digunakan dalam proyek infrastruktur berasal dari desa tersebut kecuali bahan bakunya tidak ada di desa itu," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengingatkan kepada seluruh kepala desa untuk memfokuskan kepada pertumbuhan ekonomi desa. Terutama kepada desa yang sudah memiliki infrastruktur yang sudah cukup memadai.

"Banyak desa yang infrastrukturnya sudah cukup baik. Jadi kalau masih membangun infrastruktur lagi,  dampaknya ke pertumbuhan ekonominya jadi kurang. Oleh karena itu, desa-desa yang sudah cukup infrastrukturnya kita tekankan agar penggunaan dana desanya fokus ke pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.