Membangun Masyarakat Desa

  Selasa, 15 Mei 2018

"Desa mulai menggeliat, pendapatan desa makin maju"

Segera setelah upaya pengembangan ekonomi rakyat di desa mulai bergulir, setapak demi setapak mulai terlihat adanya desa-desa yang begerak dengan semangat tinggi dibarengi kerja keras serta persatuan dan kesatuan yang makin mantab diantara pejabat dan rakyat banyak, akibatnya desanya bertambah maju. Tingkat produktifitas masyarakat umum meningkat. Hasil produk untuk setiap jengkal tanah bertambah, kegiatan masyarakat desa bertambah variasinya sehingga pendapatan asili desa bertambah tinggi. Akhirnya hasil dari sawah dan ladang dengan tanaman yang sesungguhnya sama meningkat dan kegiatan lain menghasilkan nilai tambah yang makin menggembirakan.

Ivanovick Agusta, anggota Tim Pakar Kemendes PDTT, yang sehari hari ditugasi memantau perkembangan pendapatan asli desa berkat kerja keras masyarakat itu mencatat bahwa berkat kerja keras dan persatuan yang mengutamakan perbaikan bersama membawa kemajuan pembangunan di desa dan membuahkan hasil awal berbagai inovasi desa yang didukung dana yang berasal dari berbagai sumber tercatat data pada Ditjen PPMD adanya berbagai kemajuan yang membesarkan hati. Data tersebut, biarpun bersifat sementara, merupakan indikasi positif adanya kemajuan yang harus dipantau dengan seksama agar benar-benar meyakinkan, dapat dipelajari penggeraknya dan ditiru desa lainnya.

Angka sementara diketahui terdapat 157 unicon desa, desa maju yang menonjol, yaitu desa yang memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes) diatas nilai Rp. 1 milyar pada tahun 2017. Diantaranya terdapat empat desa di Indonesia memiliki PADes diatas  Rp. 5 miliar, yaitu Desa Bukoharjo di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dengan PADes sebesar Rp.6,8 miliar, Nglinggis di Trenggalek, Jatim dengan PADes sebesar Rp. 5,8 milliar dan Gempolan di Karanganyar, Jateng dengan PADes sebesar Rp. 5,3 millar. Sebagai perbandingan PADes setiap desa rata-rata sekitar Rp. 41 juta saja.

Para Pendamping Desa sedang ditugaskan untuk mendapatkan data yang lebih rinci serta langkah-langkah yang diambil oleh desa yang menonjol tersebut agar menjadi pelajaran berharga, dapat diambil sebagai contoh dan pelajaran bagi desa lain untuk mengikuti proses dan langkah nyata tersebut agar bisa menghasilkan peningkatan Pendapatan Asli Desa yang tinggi dan bisa menjadi petunjuk bagi desa lainnya untuk maju. Semoga.