Indonesia Telah Memiliki 32.249 Badan Usaha Milik Desa

  Kamis, 31 Mei 2018

KUNINGAN - Saat ini dari 74.957 Desa, Indonesia telah memiliki sebanyak 32.249 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal tersebut diungkapkan Dirjend Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Taufik Madjid saat berdialog dengan para kepala desa dan pendamping desa di aula Kantor Desa Maniskidul,  Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Kamis (31/5).

"BUMDes yang sudah berjalan diberi bantuan Rp50 juta untuk tambahan modal usaha," ujarnya.

Kedatangan Taufik Madjid bersama rombongan di Desa Maniskidul adalah rangkaian dari kegiatan Jelajah Desa Ramadan (Jeder) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dalam dialog dengan para kepala desa tersebut ia mengatakan, BUMDes merupakan salah satu dari empat program prioritas Kementerian selain Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Embung air desa, dan sarana olahraga desa.  

"Dalam jelajah desa ramadan ini kami ingin dapatkan gambaran sekaligus progress report terutama tentang empat program prioritas kementerian desa," ujarnya.

Sejak tahun 2015 hingga 2018 lanjutnya, telah disalurkan dana desa sebesar Rp187 Triliun. Ia mengingatkan kepala desa agar berhati-hati menggunakan dana desa. Meski demikian ia menjamin kepala desa agar tidak takut dikriminalisasi jika tidak melakukan tindakan korupsi.

"Dan ingat, 30 persen dari total (dana) pembangunan, bukan biaya pagu, untuk pembayaran upah pekerja. Jadi dana desa tidak boleh pakai kontraktor," terangnya.

Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada mengatakan, sangat mendukung program BUMDes yang dicanangkan oleh kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Keseriusan tersebut diwujudkan melalui dukungan dengan menyusun regulasi BUMDes melalui Perbub dan Perda.

Selain itu, Pemda kuningan juga telah membentuk asosiasi BUMDes untuk memperkuat jaringan BUMDes di Kabupaten Kuningan. Di Kabupaten Kuningan sendiri telah terbentuk 160 BUMDes dari 361 desa.

"Kemarin baru saja Kabupaten Kuningan dinobatkan sebagai kabupaten terbaik penyaluran dana desa. Sekarang tahap pertama dana desa sebanyak 20 persen sudah disalurkan," ungkapnya