Kemendes PDTT Tingkatkan Ekonomi Lokal Bondowoso melalui Kopi Online

  Sabtu, 01 Desember 2018

BONDOWOSO - Kabupaten Bondowoso adalah salah satu Kabupaten daerah tertinggal, namun demikian, Kabupaten Bondowoso memiliki banyak produk unggulan, salah satunya adalah kopi.
 
Kemendes PDTT melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan pesonakopi.com membantu pengusaha kopi dengan memberikan pelatihan pemasaran online produk kopi menggunakan platform pesonakopi.com. Pelatihan tersebut Diikuti oleh para petani kopi, pendamping UMKM, dan pengusaha kopi dari Bondowoso dan sekitarnya. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat tanggal 29-30 November 2018 di Hotel Ijen View, Bondowoso.
 
Pelatihan ini bertujuan untuk memasarkan produk kopi bondowoso secara online dengan pangsa pasar Internasional. Selama ini produk kopi Bondowoso hanya dijual offline, bahkan beberapa produk kopi bondowoso hanya dijual dari mulut ke mulut.
 
“Kalo kemarin kita belum bisa (memasarkan produk kopi secara online), sekarang kita harus bisa, bahkan bisa lebih dari yang lain, kita harus optimis," ujar Agus Warjito, Asisten II Bupati Bondowoso ketika membuka acara tersebut.
 
Asisten II Bupati Bondowoso juga berharap acara tersebut tidak hanya sekadar pelatihan untuk pemasaran online, tapi juga harus bisa menggerakkan semangat kewirausahaan dan sekaligus memperluas pemanfaatan e-commerce di era globalisasi.
 
Sementara itu, Kasubdit Kemitraan Usaha Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Kemendes PDTT Berlian Anugrahini, mengemukakan alasan mengapa memilih Kabupaten Bondowoso.  Selain Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu dari 122 Kabupaten Daerah Tertinggal, juga karena Kabupaten Bondowoso memiliki banyak produk kopi unggulan. Dengan memasarkan Produk kopi unggulan tersebut melalui platform digital seperti Pesonakopi.com, maka akan meningkatkan ekonomi lokal Kabupaten Bondowoso.
 
Pesonakopi.com adalah platform marketplace berbasis dropshipper, khusus kopi dan hal lain yang berkaitan dengan kopi. Membangun channel distribusi secara masif bersama penjual dan vendor kopi membuat kopi lokal indonesia menuju global.
 
Salah satu peserta pelatihan, Sukardjo, yang adalah Petani Kopi asal Bondowoso, mengatakan, ia merasa dengan menggunakan pesonakopi.com berjualan kopi menjadi lebih mudah, hanya dengan menggunakan smartphone bisa memperluas pangsa pasar, yang sebelumnya hanya dijual sekitar Kabupaten Bondowoso, dengan menggunakan pesonakopi.com bisa berjualan ke seluruh Indonesia, bahkan pasar Internasional.(*)