KEMENDES PDTT KUATKAN STRATEGI KOMUNIKASI PENANGANAN COVID-19

  Senin, 26 Oktober 2020

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan penguatan strategi komunikasi dan kerjasama terkait penanganan pandemi covid-19. Penguatan strategi ini digelar di JS Luwansa Convention Center, Jakarta, Senin (26/10/2020).

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendes PDTT, Bonivasius Prasetya Ichtiarto mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memperkuat kerjasama serta sinergi program dan kegiatan terkait penanganan covid-19.

Menurutnya, penguatan tersebut perlu dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

"Kita perlu lakukan penguatan strategi ini (komunikasi dan kerjasama). Karena tantangan kita sangat berat, terutama terkait komunikasi dan kerjasama," ujar Bonivasius.

Bonivasius mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini, call center Kemendes PDTT disibukkan dengan aturan-aturan terkait dana desa untuk penanganan Covid-19.

Dalam hal ini menurutnya, perlu dilakukan komunikasi dan kerjasama signifikan baik dari sisi internal maupun eksternal Kemendes PDTT dalam mengatasi keluhan-keluhan warga desa.

"Kita tidak bisa sendiri-sendiri. Karena tindak lanjut pengaduan di call center itu ada yang penanganannya di Kementerian Dalam Negeri. Kalau tidak sinergi, keluhan warga yang diterima Kementerian Desa (Kemendes PDTT) tidak bisa ditindaklanjuti," ujarnya.

Ia mengatakan, kerjasama antar kementerian/lembaga dalam menangani Covid-19 merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo bahwa program/kegiatan kementerian/lembaga harus selaras dengan visi/misi presiden. Artinya, program dan kegiatan semua kementerian/lembaga merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan.

"Tidak ada program Kementerian Desa, program Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), semua satu menuju visi misi presiden," ujarnya.

Foto: Wening/Humas Kemendes PDTT

Teks: Novri/Humas Kemendes PDTT