MENTERI DESA PDTT HADIRI PUNCAK HARI ANAK 2021

  Jumat, 23 Juli 2021

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2021 secara virtual pada Kamis (23/7/2021).

Mengenakan batik putih bercorak, Halim Iskandar terlihat serius mengikuti rangkaian acara yang bertemakan "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak Bintang Puspayoga dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu lainnya.

Menteri Bintang Puspayoga mengatakan peringatan Hari Anak Nasional 2021 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu suara anak disampaikan secara berjenjang kepada pemerintah, tahun ini anak-anak bisa langsung berdialog dengan Presiden Joko Widodo.

"Kami berdialog dengan anak-anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, anak terlantar, anak korban terorisme, dan anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak atau LPKA," kata Menteri Bintang.

Sudut pandang anak-anak yang berisi keinginan, harapan, dan kendala yang mereka alami terangkum dalam Suara Anak Indonesia atau SAI.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, sangat memahami kondisi anak-anak di masa pandemi Covid-19.

Sudah lebih dari setahun, sebagian besar anak Indonesia tidak bisa lagi bermain di luar secara leluasa. Bahkan, aktivitas belajar juga harus dilakukan di rumah.

“Saya tahu, lebih setahun ini, anak-anak lebih sering bermain dan belajar di rumah saja,” kata Presiden.

Presiden menambahkan, semua dibatasi untuk keselamatan bersama. Di antaranya yaitu keselamatan siswa, adik, kakak, orang tua, dan guru-guru.

“Tetaplah semangat belajar dan bermain di rumah untuk sementara waktu,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mendorong anak-anak Indonesia untuk berpartisipasi dalam kampanye protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Anak-anak bisa ikut berpartisipasi menekan penularan Covid-19 dengan disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan jangan lupa mencuci tangan,” sambungnya.

Bahkan Presiden Jokowi melayani pertanyaan sejumlah anak dalam dialog langsung itu, termasuk pertanyaan seputar tugas seorang Presiden.

Foto: Angga/Humas Kemendes PDTT

Teks: Firman/Humas Kemendes PDTT