WAMENDES BUDI ARIE SEBUT KUALITAS SDM JADI KUNCI KESUKSESAN DESA WISATA

  Jumat, 18 Februari 2022

JAKARTA - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci penting dalam pembangunan desa wisata.

Wamendes Budi Arie yakin SDM yang berkualitas terutama dari generasi muda akan menumbuhkan kreasi dan inovasi sehingga mensukseskan desa wisata di Indonesia.

"Yang paling penting wisata itu adalah SDM nya, peoplenya. SDM memang harus diperkuat karena saya yakin desa wisata yang maju itu karena SDM nya kreatif dan inovatif. Jadi program empowering atau capacity building dari SDM-SDM di desa itu penting terutama anak anak muda di desa," papar Wamen Budi Arie dalam acara launching Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (18/2/2022).

"Saya selalu menyerukan anak muda di desa harus jadi kontributor utama bagi kemajuan desa wisata," tambahnya.

Desa wisata semakin menarik perhatian publik dan menjadi salah satu fokus masyarakat untuk dapat memajukan daerah. Tak heran pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memberikan ruang untuk meningkatkan kualitas desa wisata dalam ADWI.

ADWI kembali digelar tahun ini setelah sukses pada 2021. Ada tiga ribu desa yang ditargetkan turut serta dalam program tersebut.

Hal ini secara optimis disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Selaras dengan Wamendes Budi Arie, Sandiaga Uno memaparkan bahwa dampak positif ADWI berkaitan dengan meningkatnya kualitas SDM.

"Secara umum dan menyeluruh evaluasi ADW 2021 bisa kita sampaikan dirasakan sangat positif dan sukses. Beberapa matrik yang kami pantau seperti jumlah kunjungan, peningkatan ekonomi, dan lain sebagainya tapi juga secara kualitatif membangun SDM yang ada di masing-masing desa wisata," ujar Menteri Sandiaga Uno.

Foto: Andri/Humas Kemendes PDTT

Teks: Ria/Humas Kemendes PDTT