KUNJUNGI PEMENANG ADWI 2021, WAMEN BUDI ARIE UNGKAP PENTINGNYA KETERLIBATAN WARGA DALAM PENGEMBANGAN

  Jumat, 01 April 2022

BANYUWANGI - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi didampingi istri Zara Murzandina dan Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah mengunjungi Desa Wisata Sendang Seruni di Desa Tamansari, Kecamatan. Licin, Kabupaten Banyuwangi, pada Jumat (1/04/2022).

Seperti diketahui, dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Desa Tamansari menjadi juara satu Desa Terbaik dalam kategori Desa Digital.

“Saya hari ini ada di Sendang Seruni, Desa Tamansari Kabupaten Banyuwangi untuk melihat inilah desa yang menjadi pemenang anugerah desa wisata Indonesia 2021 untuk kategori Desa digital,” ungkap Wamen Budi Arie di sela-sela tinjauannya.

“Dan saya melihat ini sejarahnya ada tujuh bidadari turun di pemandian ini, airnya bersih, jernih, bisa diminum dan siapa yang mandi di sini akan awet muda,” sambungnya.

Wamen Budi Arie mengatakan, Kabupaten Banyuwangi betul-betul mengoptimalkan potensi alam yang dimilikinya, khususnya untuk wisata desa dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Menurutnya, desa wisata yang berbasis pada pelestarian lingkungan dan menjaga lingkungan akan memiliki daya tahan dan juga Sustainable Development Goals

“Dengan menjaga lingkungan seluruh area desa terutama dalam penataan, pemeliharaan dan juga yang penting adalah keterlibatan seluruh warga desa dalam mendukung perwujudan dan pengembangan desa wisata,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melihat dan menikmati langsung desa wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi, khususnya wisata alam Sendang Seruni.

“Pada seluruh masyarakat, silakan datang ke Banyuwangi ke Desa Tamansari untuk menikmati kejernihan air Sendang Seruni. Desa maju Indonesia maju,” tutur Wamen Budi Arie.

Setelah melakukan kunjungan di Desa Tamansari, Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi bertolak ke Desa Bangsring untuk meninjau wisata Rumah Apung Bangsring, Banyuwangi.

Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

Teks: Rifqi/Humas Kemendes PDTT