GUS HALIM TERUS GALAKKAN PROGRAM CSR MASUK DESA

  Kamis, 23 Juni 2022

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan Kemitraan swasta melalui program corporate social responbility (CSR) nya dengan BUM Desa dan BUM Desa Bersama sangat membantu percepatan laju perekonomian desa. Itu selaras dengan tujuan SDGs Desa ke 17 yaitu Kemitraan untuk Pembangunan Desa.
 
"Salah satu wujud kerjasama swasta dengan BUM Desa dan BUM Desa Bersama ialah tentang kegiatan tanggung jawab perusahaan atau CSR secara khusus yang dibutuhkan ialah CSR yang mampu mendukung SDGs desa yang berhasil mendukung pembangunan desa secara berkelanjutan," tegas Menteri Abdul Halim Iskandar dalam acara penghargaan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara yang dibuka Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Jakarta, Kamis (23/06/2022).
 
Menurut Gus Halim sapaan akrab- Menteri Abdul Halim Iskandar, program CSR dari swasta/BUMN yang menyentuh ranah pemberdayaan masyarakat desa adalah angin segar bagi kemajuan Desa. Dalam hal ini perusahaan melalui program CSR dapat memberikan dukungan materi maupun teknis untuk pengembangan usaha BUM Desa.
 
“Kemitraan CSR dan BUM Desa dapat berupa pelatihan kewirausahaan dan manajemen pengelolaan BUM Desa, fasilitasi kerja sama/jaringan BUM Desa, pendampingan BUM Desa, dukungan modal, sarana produksi dan lainnya,” tegasnya.
 
Posisi BUM Desa dan BUM Desa Bersama semakin menguat menjadi setara dengan BUMN dan BUMD melalui Undang-Undang Cipta Kerja. Selain mendapat status hukum yang lebih kuat, UU Cipta Kerja dapat memudahkan BUM Desa dan BUM Desa Bersama menjalin kerja sama bisnis dengan pihak lainnya. Tentunya, menurut Gus Halim hal itu dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa maupun nasional.
 
"Hari ini tercatat sebanyak 6.917 BUM Desa dan 250 BUM Desa Bersama telah menerima sertifikat badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM," kata Gus Halim
 
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin mengapresiasi gagasan Gus Halim untuk menjalin kerja sama BUM Desa dan BUM Desa Bersama dengan BUMN maupun swasta yang dapat mendorong upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.
 
"Selanjutnya dapat mewujudkan struktur perekonomian nasional yang kokoh berkembang dan berkeadilan," kata KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya.
 
KH Ma'ruf Amin meminta Kemendes PDTT agar mempertahankan dan meningkatkan kerja sama BUM Desa dan BUM Desa Bersama dengan BUMN maupun swasta tersebut. Menurutnya, pembangunan desa merupakan pusat pertaruhan pembangunan Indonesia di masa depan.
 
"Keberadaan BUM Desa diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat desa, salah satu cara untuk mengoptimalkan BUM Desa adalah dengan melibatkan tokoh penggerak desa," pungkasnya.
 
Teks: Badriy/Humas Kemendes PDTT