KETERLIBATAN PEREMPUAN TINGGI, GENTENG KULON RAIH JUARA 1 IDM

  Selasa, 28 Juni 2022

BANYUWANGI - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menggelar Inspeksi Mendadak (sidak) ke Desa Genteng Kulon, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (28/6/2022).

Sidak dilakukan untuk melihat secara langsung program dan kegiatan di Desa Genteng Kulon yang meraih juara satu Indeks Desa Membangun (IDM) 2022.

Mendes PDTT tertarik dengan skor keterlibatan perempuan Genteng Kulon yang mencapai 98 persen, atau nyaris sempurna.

"Ini menunjukkan ruang yang diberikan oleh Pemerintah Desa Genteng Kulon kepada perempuan sangat luar biasa," kata Gus Halim di sela-sela sidak.

Gus Halim menambahkan, meskipun masih ada beberapa yang perlu perbaiki yaitu tingkat coverage BPJS yang tergolong rendah, keberhasilan Desa Genteng Kulon itu layak diapresiasi dan dapat direplikasi untuk pembangunan desa-desa lainnya di seluruh Indonesia.

"Tinggal ada satu masalah tadi yang agak kurang maksimal yaitu BPJS dengan skor 0,80. Sementara semua sudah 1 nilainya. Tertinggi kan 1 di IDM. Selebihnya bagus banget sukses untuk Desa Genteng Kulon," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Genteng Kulon, Supandi mengaku kaget saat melihat Gus Halim sudah berada halaman kantornya tanpa memberi kabar sebelumnya. Sehingga Pemerintah Desa Genteng Kulon tidak ada persiapan penyambutan.

"Kenapa kita tidak bisa memaksimalkan BPJS karena memang kemampuan masyarakat ada juga yang lebih 35 persen menengah kebawah," ujarnya.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu: Indeks ketahanan sosial, Indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan yang kemudian diturunkan menjadi 22 variabel dan 52 indikator.

Dalam pengukuran status desa oleh Kemendes PDTT, terdapat lima klasifikasi status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM). Lima status itu adalah (1) Desa Sangat Tertinggal; (2) Desa Tertinggal; (3) Desa Berkembang; (4) Desa Maju; dan (5) Desa Mandiri.

Foto: Didi/Humas Kemendes PDTT

Teks: Badriy/Humas Kemendes PDTT

Editor : Riza Pahlevi/Widyasri