Pelatihan Pratugas PD Lampung Resmi Dibuka

  Rabu, 03 Agustus 2016

Bandarlampung – Pelatihan Pratugas Pendamping Desa, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Lampung di Ballroom Hotel Seven Bandarlampung, tadi sore (2/8/2016) resmi dibuka oleh Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo.


Dalam sambutannya, gubernur termuda itu berharap tenaga profesional Pendamping Desa dapat bekerja maksimal sesuai dengan amanat Undang – Undang Desa. Sebab, kata dia, inti dari UU Desa adalah mengembalikan hak-hak desa. Hal tersebut adalah upaya pemerintah guna mengurangi kesenjangan antara desa dan kota.


”Khusus untuk Lampung kami juga membuat program Gerakan Membangun (GERBANG) Desa, ini pun satu visi dengan P3MD,” kata Gubernur dalam sambutannya.


Ditempat yang sama, Kepala Seksi P3MD, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lampung, Sulasih mengatakan, dengan pratugas tersebut diharapakan dapat menelurkan para tenaga profesional yang benar-benar mampu mengejawantahkan visi UU Desa.


”Kami berharap dengan diselenggarakannya pratugas ini para PD akan lebih bertanggungjawab dengan tugas dan fungsinya serta terampil,” tutur Sulasih.
Sulasih menambahkan, para peserta yang mengikuti pratugas dibagi dalam enam kelas dan dalam setiap kelas di latih oleh tiga orang pelatih yang diambil dari para Tenaga Ahli (TA). ”Sementara untuk pendanaannya pratugas ini dibebankan pada dana DIPA Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2016,” jelasnya.


Sementara, salah satu Konsultan Pendamping Provinsi (KPP), Prihati Endahyani selaku TA Madya Pengelolaan SDM menjelaskan, pratugas tersebut diikuti oleh 193 peserta, yakni para PD hasil rekrutmen 2015. ”Seharusnya pratugas dilakukan secara serentak, tetapi karena keterbatasan anggaran, ya sekucupnya saja dulu,” tutur wanita yang akrab disapa Bu Endah ini.


Dari pantauan dilapangan terlihat para peserta sudah siap dengan materi yang disampaikan oleh para pelatih. Para peserta yang diwajibkan mengenakan seragam putih hitam tersebut telah dibekali dengan modul yang disipakan oleh panitia.

Setelah agenda pembukaan yang ditandai dengan penyematan kartu peserta yang lakukan oleh Kasi P3MD kepada perwakilan PD yang diwakili oleh PD dari Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur, Dwi Suciati pembukaan pratugas dilanjutkan dengan pembagian kelas dan baru akan memasuki materi pada Rabu-Sabtu. (Ari)